Halaman

Selasa, 05 Februari 2013

Kontroversial Penilaian terhadap PMII


Universitas Pendidikan PGRI Semarang
PMII Universitas Pendidikan PGRI Semarang
Kontroversial Penilaian terhadap PMII
Judul diatas dianggkat berdasarkan fenomena yang ada terhadap pergerakan Mahasiswa. Pergerakan adalah suatu kegiatan yang mempunyai tujuan bersama antar satu sama lain, serta memeliki cara tersendiri dalam mengembangkan ide dan inovatif gerak untuk menuju kepada arah yang ingin dicapai. Pergerakan juga diartikan juga sebagai organisasi. Lingkup pergerakan sangatlah luas namun dalam hali ini pembahasan terfokus pada pergerakan Islam. Pergerakan Islam banyak macamnya, diantaranya HMI, PMII, KAMMI, dll.

PMII merupakan singkatan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Prioritas PMII sangatlah besar pada dinamika gerakan mahasisw. PMII Adalah salah satu organisasi Islam yang terbentuk karena ingin menjadikan mahasiswa sebagai tonggak bangsa secara islam dan nasionalisme. Namun, realita-realita paradigma yang ada di kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa semester satu tahun ini seakan menepis makna tujuan akan pergerakan ini.

Anggapan-anggapan yang ada menyatakan bahwa PMII adalah suatu organisasi keras, yang berdemo tanpa mengenal problemitas, serta radikal dalam bertindak. Data empiris menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang ikut dalam organisasi ini tidak kurang setengah dari jumlah yang ada. Seorang mahasiswi semester satu di salah satu universitas ternama mengutarakan bahwa PMII adalah suatu organisasi yang program kerjanya hanya berdemo.

Tentulah paradigma ini salah dalam pemaknaan empiris yang ada. PMII adalah organisasi Islam yang realita bergerak dengan dasar islami serta tidak bertidak keras seperti apa yang dikatakan sebagaian orang. Wawasan, semangat juang tinggi serta kebribadian nasionalisme juga ditanamkan. Mengenai makna berdemo disini ialah berjuang dalam mengemukan aspirasi yang ada dalam pencapaian kesejahteraan hidup bangsa. Bukanlah berdemo dengan kontradiktif tindakan yang tidak sewajarnya. Serta radikal bukanlah dalam artian bebas bertindak namun dalam arti bebas dalam mengemukkan ide, aspirasi, serta inovatif dalam pencapaian kesahteraan bangsa.

Oleh karena itu, patutlah kiranya seseorang memandang sesuatu dengan melihat fakta dan bukan hanya dengan mendengar dari lingkungan sekitar atas apa yang ada. Hingga kita dapat mengetahui kenyataan yang terjadi sebenarnya. Tindakan-tindakan serta program kerja yang dilaksanakan PMII adalah tujuan yang sudah matang dalam pengkajiannya. Visi dan misi yang sudah dirumuskan PMII adalah tujuan bersama Ahlu Sunnah Wal Jamaah yang berideologi Nahdhatul Ulama untuk pencapaian kemaslahatan umat. Hingga dapat menjadikan serta menyadarkan mahasiswa sebagai elemen pemuda dan tongak negara Indonesia yang berjiwa, berpikir, serta bertindak secara islami dan nasionalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar