Halaman

Minggu, 13 Januari 2013

PMII Sebagai Wadah Berorganisasi

PMII Sebagai Wadah Berorganisasi
Mahasiswa acapkali diidentikkan dengan kaum intelektual, mempunyai paradigma kritis, idealis serta memiliki jiwa organisatoris. Namun persepsi semacam itu tidak selamanya benar melihat banyak mahasiswa sekarang yang lebih memilih bersikap apatis atau tidak peduli terhadap persoalan yang mestinya menuntut peran aktif seorang mahasiswa untuk ikut serta dalam menyelesaikan atau memberi opsi dalam problematika yang tengah terjadi, baik dilingkungan sekitar, maupun mengkritisi kebijakan penyelenggara negara yang tridak pro terhadap rakyat kecil.
Kecendrungan untuk bersikap apatis dipengaruhi oleh kurang minatnya dalam berinteraksi dengan berbagai elemen yang terbentuk ketika menjalani proses dalam sebuah organisasi, sehingga pada ahirnya lebih memilih tidak peduli pada fenomena sosial seorang mahasiswa itu berada. Jika mahasiswa sudah lagi tidak peduli, mana slogan mahasiswa adalah agen of change yang lekat di predikatkan kepada Mahasiswa.
Manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan. Dalam kehidupan tak terlepas dengan interaksi antar sesama yang menempatkan seseorang pada sebuah sistem pada tatanan masarakat. Perlu adanya pengalaman berorganisasi semenjak masih berstatus mahasiswa agar bisa mempunyai bekal sebelum benar-benar terjun dimasarakat.
Membentuk kepribadian yang mempunyai dedikasi dan jiwa organisasi tinggi tidak serta merta semudah membalik telapak tangan, perlu adanya wadah serta pembelajaran secara kontinyu sehingga mental, karakter maupun gaya berbicara tertata. Sehingga pada ahirnya dapat mengaspirasikan pendapat yang seharusnya diungkapakan.
Berbicara wadah organisasi mahasiswa, mungkin kwantitasnya tidak bisa terhitung dengan jari. Baik yang berada dalam internal kampus maupun eksternal. Seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) sebuah organisasi pergerakan yang mempunyai basis ahlussunah waljamah yang ada di berbagai kampus islam, negeri maupun swasta. Termasuk di IKIP PGRI Semarang.
PMII merupakan salah satu wadah berorganisasi dari sekian banyak organisasi mahasiswa yang mampu membekali seseorang yang ikut serta berperan aktif didalamnya tentang etika dan tata cara berorganisasi yang baik. Lebih dari itu, PMII juga dapat menjadi rumah untuk mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
Sebagai wadah organisasi yang memuat unsur ke-NUan, PMII juga memiliki berbagai agenda kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai bakat yang dimiliki oleh kadernya, seperti jurnalistik, sastra maupun skil yang lain. Tidak salah bukan, jika PMII dijadikan tempat untuk berlatih menempa pribadi kita menjadi seorang organisatoris serta pengembangan bakat yang kita miliki.(Arifin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar